Plafon PVC merupakan salah satu trend rumah masa kini dengan desain unik dan banyak model, plafon jenis ini mampu memperindah rumah sehingga Nampak lebih elegan.
Bila anda berkeinginan untuk mengubah desain plafon rumah anda, anda bisa mencari took plafon pvc terdekat, karena plafon jenis ini mudah ditemui di berbagai penjuru Indonesia. Sebelum anda membelinya perhatikan hal-hal di bawah ini. 


Mengenal Plafon PVC

Di Indonesia sendiri penggunaan Plafon jenis ini masih kurang familiar dikalangan masyarakat pada umumnya. Biasanya penggunaan plafon ini seringnya ada pada rumah-rumah mewah, rumah sakit, sekolah, hotel dan lain-lainnya.
Polyvinyl Chlodire atau sering disingkat dengan sebutan PVC merupakan sejenis termoplastik. Pada umumnya bahan ini sering ditemui pada komposisi bahan bangunan atau perabitan-perabitan rumah tangga.
Komposisi bahan utama dari PVC merupakan minyak bumi yang diproses sedemikian rumah dengan beberapa cara seperti suspense mikro, polimerisasi emulsi dan polimerisasi suspense. Setelah itu maka terbuatlah PVC.
PVC sendiri biasanya dicampuri bahan tambahan tertentu untuk menambah kualitas dari plafon tersebut seperti bahan yang anti bakar. Selain itu plafon jenis ini memiliki dua macam yaitu kaku dan fleksibel.

Kelebihan

Berikut penulis rangkum beberapa kelebihan yang ada pada plafon PVC dibandingkan dengan plafon biasa yang berbahan dasar triplek, gypsum atau fiber semen. Sebagai bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan memilih plafon jenis ini.

  1. Pertama, Model plafon rumah jenis PVC terbuat dari bahan pilihan yaitu tidak mudah terbakar, sehingga dengan memakai plafon jenis ini tentunya mengurangi resiko bencana kebakaran di dalam bangunan anda.
  2. Kedua, plafon PVC memiliki kelebihan berupa tidak mudah terjadi kebocoran karena ada yang terbuat dari plastic. Dengan kelebihan ini tentunya menambah kepercayaan diri pemakainya dikala musim hujan, karena tidak perlu diselimuti perasaan takut bocor.

Seperti yang kita tahun bahan plafon yang menggunakan jenis triplek rentan akan dimakan hama rayap sehingga tidak awet. Berbeda dari bahan tersebut plafon jenis ini memiliki ketahanan yang baik dari serangan hama rayap, dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan seperti membeli pestisida. Karena hal itu, tentunya plafon jenis ini lebih tahan lama.
Plafon jenis PVC memiliki tekstur yang cenderung halus, oleh karena itu debu halus maupun kotoran-kotoran tidak mudah menempel pada dinding-dinding plafon. Cara membersihkannya pun cenderung mudah, anda hanya perlu menyiapkan sapu yang dapat menjangkau dinding plafon, setelah itu beres sudah.
Kelebihan berikutnya adalah model plafon PVC sangatlah beragam, unik, serta menarik. Dengan banyaknya desain plafon ini anda dapat mengkreasikan dan memadukan dengan nuansa rumah sehingga dapat menghasilkan desain rumah yang semakin indah dan elegan.
Terakhir, kelebihan yang hanya ada pada plafon jenis ini adalah ringan. Dibanding dengan plafon pada umumnya, plafon jenis ini tidak memiliki bobot yang berat sehingga mempermudah dalam pemasangannya.

Kekurangan

Sebelum anda berniat langsung mencari toko plafon PVC terdekat, perhatikan juga kekurangan yang ada pada plafon tersebut, sehingga anda tidak terkecok hanya dengan melihat rangkuman kelebihannya.

  • Pertama, Model plafon PVC sangatlah ringan, hal tersebut akan menimbulkan resiko rubuh apabila pemasangan hollow dibuat renggam. Oleh karena itu anda perlu memperhatikan dengan seksama ketika pemasangan.
  • Kedua, apabila pemasangan list plafon kurang rapat maka akan menimbulkan dampak tidak indah. Padahal, keunggulan plafon jenis ini sangat cocok bagi anda penikmat estetika. Sehingga anda perlu memperhatikan dengan teliti setiap detail pemasangannya.
  • Ketiga, seperti disebutkan diatas bahan pembuatan plafon jenis ini terdiri dari beberapa bahan campuran seperti minyak bumi dan anti bakar. Apabila terjadi kerusakan atau menginginkan pergantian, plafon jenis PVC tidak mudah di daur ulang, sehingga dapat menimbulkan sampah bahkan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Terakhir, apabila anda menginginkan desain yang minimalis atau tidak bermotif, plafon pvc sangat tidak cocok dengan selera anda. Hal itu dikarenakan plafon yang tanpa motif atau tanpa warna sangat membosankan dipandang mata.

Jenis Plafon PVC

Plafon PVC memiliki beberapa jenis motif. Pertama yaitu motif garis plafon jenis ini memiliki beberapa model seperti red peach hybrid, hologram line, hologram wood dan silver hybrid.Kedua, motif kayu yang terbagi menjadi beberapa model seperti flat doff rose wood, flat gloss brown wood grain dan flat dove walnut rose.
Dengan pilihan beberapa model plafon tersebut, anda dapat menyesuaikan pilihan plafon berdasarkan suasana rumah anda.

Memilih Plafon PVC

Sebelum anda membeli perhatikan hal berikut seperti merek, kualitas produk biasanya dipengaruhi oleh merek, maka dari itu lakukan beberapa riset sebelum anda memutuskan membeli plafon merek pilihan anda.
Ukuran, pilihlah sesuai dengan yang anda butuhkan jangan sampai terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Terakhir pemilihan jenis plafon baik itu yang lentur maupun kaku sesuaikan dengan rumah anda.
Setelah memantapkan hati memilih plafon PVC sesuai kebutuhan anda, silakan mencari toko plafon pvc terdekat dan pilihlah plafon yang cocok dengan nuansa rumah milik anda, selamat mencoba.