Dalam membangun rumah pasti anda membutuhkan beberapa referensi untuk setiap unsur dari rumah yang anda inginkan, termasuk atap hingga plafon rumah. Material dari plafon menjadi salah satu bagian penting yang mungkin dapat anda perhatikan. 


 

Pemilihan material yang tepat akan membuat kesan terhadap rumah yang anda bangun, tidak hanya kenyamanan tetapi juga tampilan yang diperlihatkan. Material dari plafon sendiri cukup banyak pilihannya mulai dari kayu, triplek hingga PVC. 

Berikut kita akan mengenali apa itu plafon bahan PVC serta merawat dan pemeliharaan plafon PVC ini.

Mengenal plafon PVC

Sebagai salah satu pilihan untuk jenis material dari plafon PVC atau yang memiliki nama panjang Polyvinyl Chloride merupakan jenis dari polimer yang kemudian dijadikan bahan pembuat pipa air. Walaupun sebelumnya bahan ini digunakan untuk pembuatan pipa air, akan tetapi dalam proses pembuatan pipa PVC bahan polimer cukup berbeda. 

PVC sendiri diproduksi ke dalam dua bentuk, dimana yang pertama yaitu menjadi bahan yang keras, dan yang kedua menjadi bahan yang fleksibel. PVC yang menjadi bentuk fleksibel ini yang kemudian biasa digunakan untuk pekerjaan struktur hunian rumah, sekolah, rumah sakit dan bangunan lainnya.

Kelebihan plafon PVC

Sebelum kita mengetahui cara merawat dan pemeliharaan plafon PVC, pada penggunaannya sendiri, terdapat beberapa kelebihan dari bahan plafon PVC ini sendiri, kelebihan inilah mungkin yang dapat anda pertimbangkan ketika anda memilih material yang baik untuk plafon rumah anda. Berikut beberapa kelebihan dari plafon berbahan PVC:

1.     Memiliki bahan yang lebih lentur

Salah satu keunggulan dari plafon PVC ini adalah bahan yang lebih lentur, hal ini dikarenakan bahan Polymer Isosianat yang membuat plafon PVC ini lentur, lebih ringan dan bertahan lama karena tidak akan lapuk dan terurai oleh rayap.

2.     Mudah dipasang

Dimana plafon PVC ini cukup mudah dipasang karena memakai sistem knock-down atau yang biasa disebut dengan bongkar pasang sehingga instalasi yang diciptakan lebih praktis serta lebih cepat.

3.     Memiliki kesan elegen

Kesan elegan ini timbul karena bahan dari plafon PVC ini dapat didesain secara unik serta jika dikolaborasikan dengan pencahayaan lampu rumah yang baik maka akan semakin menambah kesan elegan pada plafon jenis ini.

4.     Tahan terhadap bocor

Bahan PVC cukup direkomendasikan sebagai bahan yang dapat anda gunakan untuk menjadi material plafon rumah anda salah satu alasannya karena bahan plafon PVC ini dapat tahan bocor. Karena material dari plafon PVC ini sendiri memiliki pori-pori yang sangat rapat sehingga sangat sedikit kemungkinan menyerap air sehingga anda tidak perlu khawatir terjadi kebocoran ketika hujan lebat.

Merawat dan pemeliharaan plafon PVC

Setelah kita mengetahui apa itu material dari plafon PVC dan beberapa kelebihan plafon PVC ini maka penting bagi anda untuk mengetahui kira-kira bagaimana cara yang tepat untuk merawat dan pemeliharaan plafon PVC. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam merawat dan pemeliharaan plafon PVC ini:

1.     Membersihkan plafon secara rutin

Hal yang penting dan yang harus anda lakukan dalam hal perawatan adalah dengan membersihkan plafon PVC anda secara rutin. Hal ini karena jika plafon kotor maka dapat menyebabkan kerusakan secara dini mudah terjadi. Kemudian plafon yang kotor akan membuat tampilan dari plafon rumah anda kurang menarik.

2.     Memperbaiki kebocoran pada atap

Hal ini juga salah satu hal penting untuk merawat dan menjaga plafon PVC rumah anda tetap terjaga. Sebagaimana fungsi dari plafon ini sendiri adalah untuk mencegah jatuhnya air ke lantai rumah akan tetapi jika masalah utamanya adalah kebocoran pada atap secara terus menerus dan dibiarkan lama meskipun anda menggunakan plafon berbahan PVC juga akan merusak plafon secara bertahap. Terutama jika terlalu sering dan terlalu banyak terkena air hujan dan panas matahari.

3.     Pemilihan kualitas plafon PVC

Plafon PVC sendiri meski dari material yang sama akan tetapi campuran bahan lain pada proses pembuatan tentunya juga akan menentukan hasil akhir dari produk papan PVC ini. Oleh karena itu penting melihat komposisi dan merek produksi dari material plafon PVC yang akan anda beli.

4.     Melakukan pemasangan yang benar

Salah satu cara merawat dan pemeliharaan plafon PVC yang terakhir adalah dengan melakukan pemasangan posisi plafon dengan benar. Hal ini supaya plafon PVC sendiri menjadi awet dan tahan lama. 

Anda bisa meminta kepada jasa pekerja rumah yang sudah berpengalaman dalam pemasangan plafon PVC ini agar mendapatkan hasil pemasangan yang maksimal. Posisi plafon dengan pasangan yang benar akan menjadi salah satu faktor yang membuat plafon PVC pada bangunan anda bertahan lama.
 

Itulah beberapa hal yang dapat anda ketahui tentang plafon PVC, anda dapat mempertimbangkan penggunaan plafon dengan bahan PVC ini dan mengikuti beberapa saran perawatan tersebut agar plafon anda dapat bertahan lama.